Kamis, 31 Maret 2011

Foursquare

Diposting oleh Rhani Cupid di Kamis, Maret 31, 2011

Sarana Narsis Baru

Kenalan dulu sama foursquare

kenapa?? ada dua jawaban yang super penting. karena kamu narsis dan pengin eksis. hihihi....
Foursquare adalah sosial networking baru yang berbasis lokasi. Maksudnya, semua aktivitas kita bakal ditunjukkan lewat lokasi. makanya kalau mau main foursquare pake hape, kita perlu hape yang memiliki koneksi internet (ya ia lah masa ya ia oh ) Foursquare memang membutuhkan google map supaya bisa menunjukan lokasi dengan tepat. jadi, sama seperti twitter, facebook dan sebagainya. bedanya, biasanya status yang kita tulis itu menunjukan keberadaan kita. di Foursquare, update status itu disebut 'check in'. dengan check in, teman-teman kita jadi tahu persis kita ada dimana dan lagi ngapain. selain check in, ada juga pilihan update status yang disebut 'shout'. dengan shout, kita bisa ngomong apa saja yang kita inginkan, tanpa perlu memberi tahu dimana lokasi kita saat itu. lokasi buat check in bisa di mana aja, mulai dari museum, taman, tempat nongkrong kek mal dan cafe, bahkan di tempat parkir atau di kamar tidur kita. semua sah-sah aja buat kita check in.
Website ini dibikin oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai yang berasal dari amerika serikat tanggal 21 Maret 2009. masih 'bayi' banget kan? Ups, sekarang sih udah balita iah hehe. Awalnya, wilayah pengguna Foursquare hanya terbatas di 100 kota aja. sebagian besar negara bagian AS dan sisanya kota-kota besar dunia seperti Amsterdam dan London. tapi cuma dalam waktu setahun, penggunanya uda banyak banget, dan tersebar diseluruh dunia.

Foursquare's magic words
Mungkin waktu pertama kali buka website ini, kita disambut dengan segudang istilah asing yang bikin kita bingung. sama kek saya dulu :) , tapi pas udah dicoba, bener deh gak seribet yang di pikirkan kok.
1. CHECK IN
seperti yang tadi dibahas diatas, dengan check in kita bisa kasih tahu keberadaan kita ke teman-teman. selain itu, kita juga bisa kumpulin poin dan badge dengan check in. begitu check in, kita bakal langsung mendapatkan poin atau badge. makin sering check in, makin banyak pula poin yang bisa kita dapat. terus tinggal dibandingin deh sama teman-teman kita siapa yang paling banyak dapat poin atau badge.
2. MAYOR
Di Foursquare, mayor itu bisa dibilang kek 'pemilik' suatu tempat. Ini adalah award yang diberikan buat orang yang paling sering check in ke suatu tempat. dengan kata lain, kita eksis berat deh disitu. tapi posisi mayor ini gak permanen, alias bisa direbut oleh orang lain. makanya kalau kita udah jadi mayor, kita mesti sering-sering check in ke situ, biar posisi kita gak diambil orang lain.
3.TIPS
Ini dia kelebihan Foursquare. dengan pilihan 'tips', kita bisa mendapatkan sekaligus memberikan info ke pengguna lain tentang suatu lokasi. disini kita bisa kasih tau apa yang bisa kita lakukan di tempat tersebut, apa keistimewaan dan kekurangannya. Misal pas lagi di Restoran, kita bisa tau apa makanan yang disukai. atau kalau kita bete sama pelayan suatu toko yang sembarangan, tinggalkan saja complain disini. pokoknya semakin kreatif komentar kita, pasti makin seru
4. TO DOS
Baca tips-tips dari orang pasti bikin kita penasaran untuk mencoba suatu tempat. misal teman kita bilang "cobain pisang bakar cokelat keju di tempat A" nah kita bisa menandai tempat itu dengan memasukannya kedalam 'to dos' kita. artinya, lain kali kita harus mencoba tempat tersebut. kalau sudah dicoba, tinggal kita kasih tanda checklist di boks 'I've done this'. dapat poin tambahan deh.
5. BADGES
Ini dia, item yang bikin Foursquare beda sama social networking lain. disini, kita bakal mendapatkan award dalam bentuk logo kalau kita aktif check in. award inilah yang disebut badge. lucu-lucu banget bentuknya, berwarna-warni pula. kalau udah koleksi banyak, bisa dipamerin ke orang-orang buat nunjukin keeksisan kita, hi hi hi..

Foursquare ajang promosi jitu
Foursquare memang cocok banget buat jadi tempat promosi. FYI, venue-venue lokal di Indonesia sekarang mulai memakai Foursquare sebagai wadah promosi mereka. caranya macam-macam, paling sering sih, mereka kasih special offer buat yang rajin check in di venue mereka. misal kalau kita check in tiga kali dalam sebulan. kita bisa dapat free gitf dari tempat yang kita check in itu. asyik banget kan. semoga aja nanti bakal makin banyak lagi ya merchant yang promo di Foursquare.


Beberapa badge di Foursquare


NEWBIE : pertama kali check in kita bakal
langsung dapat piala warna biru ini. gampang kaaan..



ZOETROPE : check in ke sepuluh bioskop
dan kita bakal dapet badge dengan bentuk tiket ini.




ADVENTURER : kalau kita sudah check in
sepuluh kali di tempat yang berbeda-beda,
kita bakal dikasih cap 'adventurer sama foursquare.




PIZZAOLO : penggemar pizza mulai sekarang mesti
sering-sering check in di setiap resto pizza yang kita kunjungi.
kalau udah 20 kali check in ke resto pizza kita bisa dapat badge pizzaolo.



CANDLESS : kirim b'day shouts sebanyak lima kali ke teman-teman.
buat yang rajin kasih ucapan pastibisa koleksi badge ini.
dan masih banyak candless yang lainnya.


Selain badge-badge diatas, masih banyak banget badge-badge lucu lainnya. kalau pengin dapetin semua rajin-rajin yuk check in di foursquare :)

sumber : kaWanku


Luv cups ♥,

0 komentar:

Posting Komentar

 

oásis de cupid Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea