Kamis, 03 Maret 2011

Di balik Layar TV


Kita mungkin menonton suatu acara di televisi cuma melihat orang-orang yang ada di dalamnya tentunya donk, tapi kita pernah bertanya-tanya gak sih gimana orang-orang bisa membuat acara seperti itu, mungkin setahu kita cuma shooting lalu selesai begitu? Ooooo,tidak bisa....
Di balik itu semua ternyata banyak melibat orang-orang yang punya tugas yang beda-beda dan pastinya menarik. so, gak harus jadi artis atau presenternya kan????

1. Manajer Produksi
Manajer produksi adalah orang yang bertanggung jawab secara keseluruhan dalam membuat acara tv. Program acara yang menjadi tanggung jawabnya adalah yang merupakan in house production.
Dia juga yang mengoordinir dan membawahi orang-orang yang dibutuhkan untuk acara teve, contohnya nih kayak eksekutif produser, produser, tim kreatif, dll.

2. Eksekutif produser
Sebelum acara tv dibuat, perlu perencanaan matang. Tugas seorang eksekutif produser adalah membuat perencanaan itu.
Mengoordinasi produser-produser yang akan menangani acara itu,membuat perkiraan biaya yang dibutuhkan, serta berhubungan dengan pihak promosi acara.

3. Produser
Selama proses pembuatan acara tv (produksi) berlangsung, orang yang bertanggung jawab terhadap proses produksi itu adalah produser. Tanggung jawabnya seperti, kru yang dibutuhkan, kebutuhan-kebutuhan program (materi kreatif, pomosi, rundown acara, dan lain sebagainya), serta kebutuhan teknis (alat-alat, studio, properti, dan lain-lain).

4. Asisten produser
Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, produser dibantu oleh asisten produser. Jadi tugas asisten produser adalah mencari dan menghubungi pihak yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan untuk memproduksi suatu acara.

5. Procurement
Asisten produser akan menghubungi procurement untuk menyediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu acara. Karena procurement bertugas menyediakan alat-alat untuk memproduksi suatu acara.

6. Pengarah acara (program director)
Pada waktu syuting, program director memvisualisasikan materi acara yang ada diatas kertas. Maksudnya materi acara yang telah dibuat oleh produser dan tim kreatif direalisasikan oleh program director, Sehinggan materi acara menjadi sebuah tayangan acara yang menarik di tv. Pada saat syuting pengarah acara berada di control room untuk mengatur production support (VTR, Character Generator, CCU)

7. Floor Director
Floor director adalah asisten dari program director. Saat syuting acara berlangsung, floor director lah yang mengatur dan menjaga jalannya acara. Misal MC nanti muncul dari sebelah kanan panggung atau vokalis band nanti muncul dari tengah. Selain itu ia juga bertugas membangun suasana penonton di studio. Seperti, menyuruh tepuk tangan, joget, berdiri, dan lain-lain. Asyik banget ya.!

8. Tim kreatif
Tim kreatif tugasnya untuk memikirkan sekaligus melaksanakan sisi kreatif suatu acara. misalnya acara kuis, di buat dengan tema valentine atau tema natal. Tim kreatif bakal membuat rundown (susunan acara), dekor panggung, menentukan artis yang dipakai, pemilihan lagu, pemilihan baju, dan hal lain yang sesuai dengan tema.

9. Talent artist
Tim kreatif dibantu oleh talent artist. Biasanya talent artist mempunyai hubungan dengan agency atau manajemen artis sehingga mereka bisa menyadiakan artis, model MC, untuk mengisi suatu acara. Tapi yang menentukan artis yang dipakai, tetap menjadi keputusan tim kreatif. Talent artist juga bertugas membuat perjanjian kontrak dengan artis.

10. Wardrobe
Tim wardrobe bertugas menyediakan kostum untuk syuting. Misal, tim kreatif menetapkan kalau semua artis harus memakai topi. Maka tim wardrobe akan menyediakan topi untuk para artis itu.

11. Cameraman
Tugas seorang cameraman adalah mengoperasikan kamera selama syuting berlangsung. Ia juga bertanggung jawab mengatur komposisi ganbar, framing, dan pergerakan kamera. gambar yang direkam oleh kamera inilah, yang akan munculdi tayangan tv. Namun sebelumnya, harus melalui proses editing terlebih dahulu.

12. Camera Control Unit man (CCU man)
Gambar yang direkam oleh kamera harus dikontrol kualitasnya, supaya bisa tampil oke di tv. Misal, kamera merekam bunga berwarna merah, namun warna yang tampil di alat pengontrol kamera adalah oranye. Nah, kalau kek begitu CCU man-lah yang mengontrol warna dan intensitas cahaya yang dihasilkan kamera.

13. Lighting man
Lighting man ini bertugas mengatur tata cahaya saat syuting berlangsung. Hihihi biar gak gelap-gelapan tuh.!

14. Audio man
Biar suara MC, artis, atau instrumen band enggak kedengaran cempreng saat tayang di tv. Audio man inilah yang mengatur tata suara biar bisa kedengaran oke.

15. Character Generator man ( CC man )
Saat artis tampil, biasanya kita melihatada tulisan yang muncul di tv. Misalnya, Pasha,vokalis band ungu. Nah, orang yang bertugas untuk memunculkan tulisan itu adalah cg man

16. Video Tape Recorder man ( VTR man)
VTR man adalah orang yang bertugas memutar alat pemutar kaset. Kaset itu ada yang berupa rekaman hasil syuting atau materi acara.


Tapi kok kurang satu ya kayaknya, apa gak masuk daftar nih. ini profesi saya loh..... saya tambahin ya

Script writer.!
Sengaja saya kasih tanda seru, apa jadinya kalau gak ada penulis naskah coba? nanti siapa hayo yang bikin jalannya cerita, hehe
Script writer ini gak cuma asal nulis aja loh, dia menulis naskah sebisa mungkin berbobot sehingga ceritanya pun terlihat keren dan menarik buat di tonton.


sekian info dari saya tentang orang-orang di balik layar teve, semoga bermanfaat.
Udeh ye capek nih ngetik mulu. :DD

(sumber : majalah kaWanku)



0 komentar:

Poskan Komentar