Sabtu, 05 Maret 2011

Istilah dalam dunia TV

Diposting oleh Rhani Cupid di Sabtu, Maret 05, 2011
Kalau waktu itu saya sudah posting tentang orang-orang yang ada di balik layar tv, sekarang kita belajar mengenal istilah-istilah dalam dunia pertelevisian, he he..
yuuuuk mariiiiiiiii

1. commercial break
Waktu jeda antara segmen (bagian) dalam satu acara yang biasa diisi dengan iklan.
2.durasi program
panjang waktu untuk satu program acara.
3.fringe time
Dalam dunia tv, ada tiga jenis pembagian jam tayang, dan fringe time adalah salah satunya. Rentang fringe time adalah jam 16.00-18.00 dan 22.00-00.00. selain itu ada prime time dan shoulder time
4. in house production
Program acara tv yang dibuat sendiri oleh stasiun tv yang bersangkutan. Misal, acara musik dahsyat yang di produksi RCTI.
5. kejar tayang
Usaha buat memenuhi target waktu tayang sebuah acara. biasanya sinetron sering pakai sistem kejar tayang.
6. live on tape
Proses rekaman sebuah acara tapi di lakukan seolah-olah acara tersebut ditayangkan secara live. Maka proses rekaman ini juga dilakukan tanpa jeda dan berarti enggak boleh ada kesalahan sepanjang rekaman. contoh, acara extravaganza di Trans TV.
7. live
Penayangan sebuah acara langsung dari tempat acara atau kejadian berlangsung. Misal pertandingan worl cup.
8. off air
Bagian acara yang enggak di tayangkan. Misal, dalam tayangan sebuah konser musik band di tv, kita hanya menyaksikan band tersebut memainkan lima lagu. Dalam konser aslinya, mereka memainkan tujuh buah lagu. Nah, dua lagu yang gak di tayangin itu di sebut off air.
9. on air
Kebalikan dari off air. On air dipakai untuk menyebut semua bagian acara yang di tayangkan di tv.
10. prime time
Merupakan jam tayang yang di anggap sebagai waktu yang memuliki penonton paling banyak. Waktu ini bekisar antara 18.00-22.00. Acara-acara yang di siarkan pada jam prime time dianggap sebagai acara yang oke untuk ditonton.
11. rating
Dipakai untuk menilai sebuah acara tv. Rating adalah perbandingan antara total seluruh jumlah penonton televisi di suatu negara dengan total jumlah penonton yang menonton acara tersebut.
12. rerun
Artinya adalah siaran ulang. Hal ini berarti penayangan ulang sebuah acara yang sebelumnya sudah pernah ditayangkan. Misalnya drama korea BBF ditayangkan lagi di indosiar.
13. rundown
detail urutan acara dan waktu sebuah program acara tv
14. segmen
Bagian-bagian dalam sebuah program acara tv. Dalam bahasa drama biasa disebut 'babak'
15. sharing
Agak mirip dengan rating. Presentase dari junlah seluruh penonton tv di satu negara dan penonton acara pada jam tersebut.
16. shoulder time
Jam tayang acara-acara tv yang bekisar antara jam 00.00-16.00
17. siaran tunda
Penayangan sebuah acara yang sebenarnya sudah terjadi. Misal, saat pertandingan bola harusnya disiarkanlive pada jam 02.00 dini hari, tapi ada sebuah stasiun tv yang baru menayangkan siaran tunda pertandingan itu di jam 08.00 pagi hari.
18. slot
Hari dan jam penayangan sebuah acara. Slot bisa juga berhubungan dengan ketersediaan 'tempat' untuk satu acara disebuah stasiun tv.
19. taping
Merupakan proses merekam sebuah acara. Tayangan dari hasil taping merupakan kebalikan dari tayangan live.
20. teaser
Potongan tayangan sebuah acara yang biasa di munculkan di awal atau di tengah acara tersebut. Tujuannya adalah untuk memancing minat penonton. Misal, adalah potongan tayangan beberapa berita di awal acara-acara infotainment. biar bikin kita tertarik pengen nonton berita lebih lengkapnya,tuh.
21. video streaming
Pengiriman gambar jarak jauh melalui alat khusus. Ini berarti gambar tersebut enggak langsung ditayangkan melalui kamera seperti tayangan gambar biasa. Kalau diperhatikan, hasil video streaming ini terllihat 'pecah' dan gak sejelas gambar dari penayanganbiasa.


0 komentar:

Posting Komentar

 

oásis de cupid Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea